LAZ MRBJ - Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1444 H, LAZ MRBJ mengadakan webinar bertajuk "Optimalisasi Penghimpunan Melalui Digital Fundraising". Kegiatan ini berlangsung di Zoom Meeting pada (04/03) pukul 09.00 WIB.
LAZ MRBJ mengundang Muhammad Hibatur Rahman (Account Executive dari Kitabisa) dan Syaifur Rochman (Co-founder Positif Republik Projek) sebagai pembicara di webinar ini. Sebelumnya, pengisi webinar ini adalah Sukron Ma'mun (Owner Positif Republik Projek), tetapi, karena berhalangan hadir, maka digantikan oleh Syaifur Rochman.
Salah satu hal yang Hibat sampaikan dalam pemaparan materinya yaitu persiapan menggalang dana di Bulan Ramadhan. Menurutnya, ada empat hal yang perlu dipersiapkan, antara lain, program, halaman galang dana, konten ajakan donasi dan content planning.
"Sebelum kita bikin galang dana, temen-temen perlu define dulu nih. Tentukan dulu sebenarnya program-program apa yang temen-temen pengen angkat di Ramadhan ini," jelas Hibat.
Menurut Hibat, umumnya, para campaigner di Kitabisa sudah memulai campaign program Ramadhannya di bulan Sya'ban, sehingga pada awal Ramadhan dananya sudah terkumpul sekian.
Hibat juga mengungkapkan, judul adalah salah satu hal sangat vital yang perlu dipersiapkan dalam campaign. Ia mengungkapkan orang lebih tertarik dengan visual, dari pada hanya tulisan.
"Kadang di Kitabisa tuh, orang tuh hanya melihat dari cover ini, tulisan disini, judul di sini, terus orang akan langsung klik donasi sekarang." tuturnya.
Adapun, pemateri kedua adalah Syaifur Rochman dengan pembahasan tentang digital fundraising dan hal yang diperlukan dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, tujuan dari aktivitas digital fundraising adalah memperoleh data base. Jadi, database ini mencakup nama dan nomor WhatsApp.
Ada beberapa pilar yang perlu dibangun sebelum menerapkan digital fundraising yaitu merancang program atau membentuk tim program, tim konten, fundraiser dan CRM.
"Semuanya penting sekali, tapi, pilar terpenting itu ini, tim konten," jelasnya.
Menurutnya, tim konten akan membantu tim program untuk mengirimkan informasi ke audiens. Namun, terlepas dari itu, keempat pilar ini semuanya penting dan saling melengkapi satu sama lain.
Penulis: Raida Khairunnisa
Tags:
LAZ MRBJ
Ramadhan
MRBJ Tangsel
Digital Fundraising
Fundraising